Selasa, 23 Februari 2016

Minat? Bakat? Nafsu? Terpaksa?

-Ilmu komunikasi atau Pend.bahasa inggris?-
Ah... Selain harus memikirkan Ujian Nasional, anak kelas 12 baik ipa atau ips harus memikirkan rencana ke depan. Mau kuliah jurusan apa? Kuliah di mana? Kalau lulus prospek kerjanya bagaimana? Pengen jadi apa? Atau lulus Sma/Smk langsung mau kerja? Dan hal-hal lain yang memusingkan dan menjadi beban tersendiri bagi kami.
Terkadang kami jadi berfikir, memang sukses harus kuliah dulu ya? Di luar sana banyak kok yang sukses tanpa kuliah, bahkan ada yang sama sekali tidak mengenyam pendidikan. Untuk anak Sma seperti aku, mau jadi apa kalau tidak kuliah? Beruntunglah anak Smk, mereka punya skill di bidang yang mereka dapatkan saat Smk. Lalu aku? Dan bagaimana dengan anak Sma?
Harus memutar otak, memilih jurusan yang sesuai minat, bahkan mungkin bakat. Kadang berfikir, aaah kuliah di A jurusan A nanti prospek kerjanya dikit, masuknya susah, harus pinter, kampusnya kurang bagus, akreditasinya masih dibawah tapi minat banget, ah pusing deh.
Kenapa kita harus terbebani dengan hal itu? Berbeda dengan mereka yang ber uang sampai tumpah-tumpah, mau masuk sini? Oke! Untuk berekonomi menengah ke bawah? Mau masuk itu? Ah pikir dua kali deh. Mungkin aku hanya satu dari beribu siswa yang banyak mengeluh. Merasa hidup tidak adil, tapi, kita harus percaya Allah mempunyai rencana yang indah entah kapan itu. Kita hanya perlu bersabar. Karena kita tidak dapat memaksakan kehendak kita sesuka hati, semua ada batasannya.
Oke kembali ke topik. Aku minat di ilmu komunikasi, tp nilai yang memadai insha allah bahasa inggris sama bahasa indonesia. Jadi pusing mau pilih yang mana. Harus memikirkan prospek kerja ke depannya. Padalah aku masih harus memikirkan Ujian Nasional. Omo!!! Bagaimana ini? Aku pusing sekali!

2 komentar:

  1. saran dari saya. pilih jurusan sesuai minat dan bakat. kalo cuma minat belum tentu kamu survive di perkuliahan.bisa aja sih survive tapi ga maksimal hasilnya. kalo cuma bakat juga percuma kalo kamu ga minat jurusan itu. bakat dan minat harus sejalan. prospek kerja? jangan mikirin itu dulu. toh kalo kamu lulus kuliah di jurusan itu bakal kerja sesuai jurusan tersebut. yg penting adalah sesuai dgn minat dan bakat kamu. jangan lupa jurusan yg kamu pilih harus direstui orang tua juga. karena ridho nya orang tua adalah ridhonya Allah.good luck :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kak atas sarannya:) Alhamdulillah sekarang aku jg ngambil jurusan yang emang minat aku, sama ortu jg meridhoi:)). Terimakasih sudah berkunjung;)

      Hapus